Selasa, 07 April 2009

Wacana Dukung NO!!!! Dalam Situs Jejaring Sosial

Akhir-akhir ini saat memasuki minggu tenang Pemilu kita dikejutkan dengan dukung mendukung kata-kata No! untuk caleg, capres atau partai tertentu. Seolah ketika KPU melarang untuk berkampanye yang biasa di ekspresikan dengan dukung mendukung kini dirubah dengan menyemarakkan bentuk “tidak” mendukung sesuatu.

Pihak-pihak yang mengangkat dukung No!! ini seolah berlomba dengan waktu dengan membuat kampanye yang efektif dan efisien. Caranya antara lain dengan mengenalkan pesan di situs jejaring sosial semacam facebook, friendster ataupun dunia blogger. Cara itu sangat efektif karena terbukti hanya dalam tempo jam saja puluhan ribuan pendukung mulai terakumulasi yang disertai dengan berbagai pesan-pesan terselip. Pendukung di dunia maya tersebut tentu tidak secara mutlak mereresentasikan dukungan murni di dunia riil, namun cara ini cukup membuat eksistensi pembuatnya menjadi diakui.

Ada yang mendukung, ada yang menolak, ada yang apatis bahkan ada yang merasa gerah. Berbagai tanggapan pun saat ini mulai mengalir baik dari kaum awam sampai elite-elite partai politik. Namun yang perlu digaris bawahi adalah tanggapan berlebihan dengan bentuk tuntutan hukum secara langsung rasanya kurang bijak. Rasanya di era demokrasi ini pendapat yang berbeda atau saling bertentangan itu wajar-wajar saja asal tidak dalam bentuk kekerasan fisik atau mengandung kata-kata SARA.

Jika ada yang tidak setuju janganlah mengedepankan kekerasan, untuk menanggapinya saya lebih menyarankan agar dibuat kontra dukungan dalam situs jejaring social itu juga disertai dengan bukti-bukti akurat.Hal ini justru makin membuat menarik pesta demokrasi kita karena akan muncul ide-ide cerdas, cemerlang dari pertentangan atau debat pendapat bentuk dukungan di atas. Hal ini pula akan mendidik masyarakat kita menjadi cerdas dan menjadi lebih legowo.

Tidak ada komentar:

About Me

Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Blog Ini Adalah Blog Yang Berisi Coretan Bebas Seorang Warga Yang Awam Akan Dunia Maya Sebuah blog untuk mencurahkan pikiran-pikirannnya. entah itu pikiran bermanfaat ataupun ide-ide konyol yang muncul secara tiba-tiba.